Tips Memelihara Anakan Cendet

Met Pagi Cendeters Mania.Pagi ini ane mw sharin tentang tata cara memelihara burung cendet anakan,cz banyak perbedaan gan antara burung cendet yang dapet dari menjaring (instan) dengan burung cendet yang dipelihara dari bayi,qlw bisa memilih yang udah bs makan sendiri walau jg msh mau dsuapin,ciri2 Cendet cowok bulu dkepala ad garis2 hitam..karna Cendet cowok bulu kpalanya Hitam itu bs dpantau pada Cendet anakan.

  1. 1bln pertama ksh makan bubur sun+Voer+UH 5-10 ekor+Keroto 1sdm,ksh air sdikit trus d'aduk kira2 agak mengental..(bs dsuapin ampe 3-5x,sisanya taroh aja dtmpat kecil dan rendah taroh d'bwh aja) trus suapin jangkrik, 3-5ekor ukuran sedang dgn cr tusukin pake lidi,minumnya pagi sore dganti&taroh dbwh jg..gantang dekat masteran,kalo gw seh deketin dgn Ciblek,KC&Bunglor kembang..sminggu 2x mandikan pagi dgn cara dsemprot ampe basah kuyup trus jemur ampe kering..nyuapinnya pagi-sore biar s'Cendet dekat dgn empunya..Krodong mlm aja
  2. Usai 1bln menu makanan ttp sama,cmn Voer kering tambahin dgn cr dtaburin d'atas menu yg ada,ini agar Cendet ntar terbiasa makan Voer kering...utk kasih jangkrik langsung lewat tangan,kalo Cendet cm mau dsuapin jangkrik 2/3/4/5 saja gak usah dpaksain lg..itu artinya Cendet udah bs nyesuain porsinya..
    jatah mandi dtingkatkan,kalo gw seh tiap pagi  ,tp utk urusan basah2 Cendet beda2..pahami aja..kalo dmandikan trus djemur ampe kering Cendet gak teriak2 kurangin jatah mandinya..nyuapin msh pagi-sore yah..krodong mlm aja
  3. Stelah kira2 2bln lbh saat cendet udah gak doyan lg dgn menu becek& Cendet udah mahir makan sendiri..menu dganti total cukup Voer d'atasnya taburin Keroto+UH sekitar5-10ekor,makanan&minuman ganti tempat sperti layaknya alias dtmpat makan yg dtengger..ganti air minum cukup 1x shari(biar gak repot lg hehehe) ..utk jangkrik tserah s'Cendet maunya dsuapin pake tangan ampe brp..urusan mandi yah sama aja dgn tahap 2..sesuain kriteria Cendet anda..Krodong jg msh mlm aja
  4. stelah Cendet mulai rontokin bulu alias mo ganti bulu alias mo branjak remaja menu ttp sm cm pisah Voer jgn dcampur keroto lg..Taroh aja Keroto dtmpat keroto,kasih Keroto kurangin jd 2/3x sminggu untuk UH boleh dcampur dgn Keroto bs jg dlainkan..Tp UH kurangin jd 3-5 aja.Kasih jangkrik sesuai porsinya..Cendet harus dkrodong terus siang mlm dtempat yg gak terjangkau matahari langsung...buka krodong cmn pas mo ksh makan/ganti minum aja..
    Urusan mandi cukup mandikan+jemur 1x sminggu pas mo bersihin kandang..
  5. Kalo Cendet dah berganti bulu menu makanan cukup Voer 1/4 tempat makan,Keroto tserah mo 2/3x sminggu 1sdt,jangkrik tserah s'Cendet mo brp..tp usahakan jgn lbh dr 5 ekor karna bs bkn Cendet males akibat kekenyangan,UH jg kurangin shari 2 saja..jatah mandi tingkatkan semaksimal mungkin tiap pagi terus jemur,Kalo gw paling lama jemurnya 30-45mnt..maklum gw kan nguli..kerodong cmn pada mlm hari..Nih biar Cendet remaja bs beradaptasi dgn lingkungan sekitarnya dsiang hari..usahakan gantang dtempat rame sperti ddepan rmh bersama masteran2nya
  6. Simple&Praktis alias ulangin aja cara pd TAHAP 5 sampe Cendet beranjak dewasa hehehe..tp UH kurangin 1x sminggu maks 5 ekor aja.
by Cendeters Mania @Info-rian,Seputar kicau.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
berita unik