Beberapa penyebab kegagalan Kebuntingan pada kelinci

Perkawinan tidak selamanya menghasilkan kebuntingan.Kegagalan kebuntingan dapat di sebabkan oleh beberapa kemungkinan,antara lain,umur kelinci sudah terlalu tua,suhu udara yang tidak mendukung (terlalu panas saat pengawinan berlangsung),perubahan cuaca yang tidak menguntungkan,induk terlalu gemuk,atau kondisi pejantan lemah.

a.Umur kelinci sudah terlau tua
kelinci yang sudah berumur lebih dari tiga tahun,termasuk induk yang sudah tua.Pada umur tersebut,kemampuan prosuksinya sudah melewati masa prosuktif.Kondisi ini akan semakin parah jika perawatan dan pakan yang di berikan pada kelinci jelek.

b.Suhu udara terlalu panas
suhu lingkungan yang terlalu tinggi,misalnya lebih dari 30° C,sering mengakibatkan penuruna berat badan secara drastis pada kelinci,ini juga menyebabkan menrunkan kemampuan produksi induk.Pada suhu lingkungan terlalu tinggi,pH semen pada pejantan cendrung naik,pergerakan sperma menurun,konsentrasi sperma berkurang,dan jumlah sperma abnormal naik.

c.perubahan cuaca
yang di maksud denga perubahan cuaca yang kurang menguntungkan disini adalah,ketika cuaca mengalami perubahan yang mendadak,misalnya dari cuaca panas dan tiba-tiba menjadi sangat dingin,hal ini juga salah satu faktor penyebab kegagalan kebuntingan.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
berita unik