Kelinci Sumber Penghasilan

Kelinci merupakan jenis ternak yang mulai banyak di lirik peternak.Hal ini di karenakan kelinci menyimpan banyak potensi yang bisa di andalakan,selain sebagai hasil daging dan bulu,kelinci juga telah menarik perhatian para hobiis untuk di jadikan binatang peliaraan kesayangan mereka.Selain cepat berkembang biak,kelinci juga termasuk binatang yang cukup mudah dalam pemeliaraan nya.
Salah satu jenis kelinci yang populer adalah jenis Rex,kelinci Rex bisa menghasilkan daging 1,5 kg/ ekor.Di Amerika serikat,harga daging kelinci bisa mencapai US$1 per 1,5 kg.Sementara harga kulitnya mencapai US$8 per 15 lembar.Angka-angka tersebut tentu saja memberikan dorongan yang menggebu  bagi para peternak.

Selain daging nya yang lembut dan gurih,kelinci merupkan pedaging yang memilik kandunagn kolestrol lebih rendah di bandingkan dengan binatang pedaging lain nya,seperti sapi,kerbau,domba,kambing dan ayam.Alasan ini lah kemudian memberikan dorongan yang menggebu bagi para peternak.
Dan banyak lagi manfaat dari kelinci,spert kulit bulu nya bisa di gunakan sebagai bahan pkok pakaian berbulu,sperti jaket,selendang,tas,boneka dan dompet.Potensi kelinci tak berhenti sampai di situ saja.Tingkah laku yang lucu,bulu yang lembut dan halu,mata yang cantik membuat para hobiis terpikat untuk memeliharanya.Hewan ini juga dapat berkembang di semua daerah,sehingga para peternak tidak segan untuk ternak kelinci.

Namun sangat di sayangkan,para peternak di indonesia hanya memanfaatkan kelinci sebagai bintanag kesayang saja atau hanya di jadi kan binatang hias.Padahal,bila serius,kelinci dapat di jadikan sumber penghasilan juga.

Prospek usaha peternakan kelinci sangat lah menggiurkan,pasal nya,harga kelinci cukup tinggi.Harga kelinci hias di pasaran lokal mencapai Rp100 hingga Rp500/ekor,anakan kelinci di hargai Rp30 hingga Rp50/ekor.sementara kelinci potong di hargai Rp20-30/ekor.

0 komentar:

Posting Komentar

 
berita unik